Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Holic - Cara Mudah Ternak Burung Lovebird Mulai dari Nol

Ternak burung lovebird memang menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan bagi para kicaumania. Bagaimana tidak menguntungkan bisa anda bayangkan harga anakan burung lovebird yang berusia kurang dari 4 bulan di jual dengan harga yang cukup tinggi apalagi kalau burung lovebird tersebut memiliki warna yang unik salah satu burung lovebird yang memiliki harga paling tinggi adalah burung lovebird biola yang harga jualnya bisa berkali kali lipat dari burung lovebird pada umumnya. Selain itu dalam ternak lovebird tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga tidak memerlukan persiapan yang ribet seperti ternak sapi ataupun kambing.

Sebelum memulai usaha ternak lovebird ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yang pertama harga lovebird bisa saja naik dan juga bisa saja turun secara drastis tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu maka dari itu anda juga harus menyiapkan mental anda terlebih dahulu karen cukup banyak orang yang untung banyak dari lovebird ada juga yang rugi banyak karena ternak lovebird juga. Yang kedua dalam ternak burung lovebird salah satu hal yang perlu anda ketahui adalah mengenaih harga lovebird seperti burung kicauan pada umumnya burung lovebird merupakan burung yang sering di lombakan harga jualnya akan semakin tinggi apabila burung lovebird memiliki suara ngekek panjang dan juga atau sudah bisa menjuari lomba / latber.

Ternak Lovebird


Selain itu harga burung lovebird juga di tentukan oleh warna yang dimilikinya salah satu lovebird yang termahal saat ini adalah burung lovebir biola yang memiliki ciri khas berupa warna yang dimilikinya terkesan lembut dan biasanya hanya terdiri dari 2 warna yang dimana di kepalnya terlihat mulus. Kemudian yang terahir harga burung lovebird di pengaruhi dari usia burung tersebut.

Sebelum ternak burung lovebird ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan mulai glodok, kandang, wadah pakan, dan juga yang paling penting dalam ternak lovebird adalah burung lovebird itu sendiri anda bisa menentukan seperti apa lovebird yang akan anda ternak tujuan apa yang ingin anda capai ? Untuk mendapatkan anakn lovebird yang memiliki warna unik kah atau untuk menghasilkan lovebird untuk arena lomba / kicauan saja. Dan berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum ternak burung lovebird :

1. Persiapkan kandang ternak lovebird.
Untuk kandang sendiri sebenarnya lovebird tidak terlalu memerlukan kandang yang neko - neko anda bisa menyiapkan kandang yang berukuran 1 meter an yang biasa di jual di toko burung. Kemudain beli juga glodok yang nantinya akan di jadikan sebagai sarang burung lovebird yang akan anda ternak nantinya, kemudian wadah pakan dan minum anda bisa menyiapkan wadah pakan yang seperti gambar di bawah ini. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah tangkringannya.dan berikut beberapa gambar yang bisa anda jadikan referensi dalam menangkar burung lovebird :




2. Persiapkan indukan lovebird yang ingin anda ternak

dalam ternak burung lovebird indukan memang menjadi salah satu faktor kunci yang akan menentukan seperti apa anakan yang akan di dapatkan. Pada umumnya burung lovebird akan mulai di ternak ketika sudah berusia 8 bula lebih untuk lovebird jantan dan 1 tahun lebih untuk burung lovebird betina nah disni anda bisa menentukan kira kira lovebird seperti apa yang akan di ternak apakah lovebird trah juara ataukah anda ingin ternak lovebird untuk mendapatkan anakan yang memiliki warna bagus yang unik dan juga memiliki banyak peminatnya. Seperti yang saya katakan di atas anda juga harus berisap apa bila harga lovebird naik dan juga anda harus bersiap juga jika harga burung lovebird akan turun karena adanya hukum pasar jika stok lovebrd ternakan melimpah akan tetapi yang beli sedikit ya siap siap saja harga turun, akan tetapi jika sebaliknya jika stok sedikit akan tetapi persediaan banyak maka biasanya harga lovebid juga akan naik.

Lovebird Biola Hijau dan Lovebird Biola Biru
sumber : https://www.binatangpeliharaan.org

3. Jenis burung lovebird yang perlu anda ketahui
kalau menurut saya pribadi sebenarnya lovebird hanya memiliki 2 jenis lovebid klep dan lovebid non klep. Akan tetapi bagi para kicaumania lovebid klep di bedakan lagi berdasarkan warna yang dimilikinya diantaranya lovebid dakocan, lovebid lutino mata merah dan hitam, lovebid blorok, lovebird parblue, lovebird batman, lovebid violet dan juga lovebird biola dan sebenarnya masih ada yang lainnya namun tidak saya sebutkan disini. Untuk saat ini burung lovebird yang paling mahal adalah lovebird biola yang saya cek di olx.co.id harga jualnya bisa mencapai 15 juta rupiah untuk satu ekor burung lovebird biola (baca juga : kumpulan Gambar lovebird batman ).





4. Tahap Menjodohkan lovebird
untuk menjodohkan lovebird ada beberapa cara yang bisa anda terapkan akan tetapi yang terpenting anda harus sudah menyiapkan calon indukan lovebird terlebih dahulu jika anda hanya memiliki 1 jantan dan 1 betina anda bisa mencoba memasukanya kedalam satu kandang dan silahkan di amati apakah lovebird tersebut jodoh / tidak kalau jodoh bisanya burung lovebird akan tidur berdampingan. Akan tetapi jika anda memiliki burung lovebird lebih dari satu anda bisa juga memasukan semua burung dalam satu kandang dan lihat / amati burung mana saja yang berjodoh.



5. Pakan harian burung lovebird yang di ternak
untuk pakan ternak lovebird  anda tidak perlu terlalu ambil pusing saat ini sudah banyak toko pakan burung yang mulai menjamur di setiap sudut kota maka dari itu anda bisa memilih sendiri pakan yang akan anda berikan. Jika anda ingin berhemat anda bisa membeli pakan lovebird kiloan yang bisanya di jual dengan harga yang lebih murah jika di bandingkan dengan pakan lovebird dalam kemasan (baca juga tentang : manfaat jagung muda untuk lovebird ).

6. Masa kawin dan pengekraman telur burung lovebird 
pada umunya burung lovebird dalam kandang ternak setelah kawin akan muali bertelur kemudian setelah brung bertelur biasanya burung lovebird akan mengerami telurnya selama 22 hingga 25 hari kemudian biasanya anakan burung lovebird akan siap di jual pada saat berusia 3 bulan. Setelah terlur burung menetas ada dua pilihan yang bisa anda lakukan yang pertama anda bisa mengambil anakan lovbird kemudian merawatnya sendiri atau yang kedua anda bisa membiarkan indukan lovebird agar merawat anakanya sendiri. Jika anda masih baru banget dalam ternak lovebird saya kurang menyarankan anda untuk meloloh anakan tersebut karena pada umumnya jika anakan lovebird telat / salah sedikit saja dalam proses lolohanya bisa mengakibatkan anakan lovebird mati.

Pada awal tahun 2017 ini harga burung lovebird bisa dikatakan sedang naik walaupun kenaikannya tidak seperti saat kejayaannya pada tahun 2015 - 2016 yang dimana harga burung lovebird hasil dari ternak ataupun lovebird import memiliki harga yang sangat fantastis

Post a Comment for "Burung Holic - Cara Mudah Ternak Burung Lovebird Mulai dari Nol"

loading...