Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Holic - Solusi Untuk Cendet Miyik dan Macet Bunyi

Burungmaster.com -  cendet miyik memang merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi para kicaumania. Hal ini memang sering di alami oleh para kicau mania terutama yang memelihara cendet yang masih muda. Miyik ini sering di karenakan mungkin karena terlalu dimanja oleh pemiliknya atau bisa juga di karenakan burung merasa kekurangan nutrisi atau bahkan bisa juga di karenakan burung sedang dalam kondisi over birahi.

Saya yakin ketika cendet sering mengeluarkan sifat miyiknya biasanya burung cendet juga menjadi macet bunyi. Tentu saja hal ini yang mengakibatkan para pemiliknya jengkel.seperti yang sudah saya katakan di atas sifat miyik ini biasanya terjadi pada cendet yang masih berusia muda sedangkan cendet yang sudah berusia biasanya hal ini jarang di temui.



Salah satu ciri yang bisa di lihat untuk membedakan antara cendet muda dan yang sudah berumur adalah dengan melihat kakinya. Pada umumnya cendet yang sudah berumur memiliki kaki yang lebih bersisik. Selain itu anda juga bisa melihat duburnya jika cendet sudah dewasa biasanya warna creamnya terlihat lebih kontras.

Kembali lagi ke topik pembahasan utama : solusi untuk cendet miyik dan macet bunyi. Salah satu cara yang bisa anda terapkan adalah dengan melakukan mandi malam. Ya benar sekali mandi malam dan juga pemberian kroto yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah cendet miyik dan berubah menjadi macet bunyi.berbeda dengan mengatasi macet bunyi pada anis merah anda bisa melakukan mandi malam mulai dari jam 7 malam hingga jam 8 malam pokoknya jangan terlalu malam. atau anda bisa juga menerapkan cara serti memberikan tepung cabe ke burung cendet seperti artikel yang sudah saya tulis sebelumnya : solusi anis merah macet bunyi.

Untuk mandi malam ini khusus burung cendet cukup di semprot menggunakan sprayer yang sering anda gunakan dan dalam memandikanya saya sarankan jangan terlalu basah atau sampai basah kuyup. Cukup sampai agak basah saja.

Kemudian setelah itu anda bisa mengangin anginkan burung cendet sampai bulunya kering dan anda bisa memberikan kroto sebanyak satu sendok ketika di angin - anginkan. Kemudian setelah kering anda bisa mengkrodong burung tersebut.

Karakter setiap burung memang berbeda - beda, lakukan cara tersebut selama beberapa hari dan amati apakah ada perubahaan pada burung cendet yang anda miliki.

Post a Comment for "Burung Holic - Solusi Untuk Cendet Miyik dan Macet Bunyi"

loading...